Selasa, 28 Januari 2014

TEKNIK PENDIDIKAN KESEHATAN

TEKNIK PENDIDIKAN KESEHATAN
Oleh : Septian Julifar Syamsul Huda SKM
Pendidikan  Kesehatan
          Pendidikan Kesehatan adalah kegiatan pendidikan non formal di bidang kesehatan agar mereka mampu menolong dirinya sendiri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya
          Layak untuk dipercaya,
          Tahu persis situasi masyarakat sehingga dapat menunjukkan permasalahan yang dihadapi sekaligus menunjukkan alternatif pemecahannya,
          Selalu ada jika dibutuhkan, dalam arti pendidik pasti punya waktu untuk sasaran
          Pendidik tidak sering ganti
Kemampuan Komunikasi Pendidik Kesehatan
          Kemampuan berkomunikasi
          Sikap pendidik: menghayati profesinya, menyukai masyarakat sasaran, yakin bahwa inovasi yang disampaikan telah teruji
          Kemampuan pendidik tentang: isi, fungsi, manfaat dan nilai-nilai yang terkandung dalam inovasi; segala sesuatu yang masyarakat suka atau tidak suka
          Kemampuan untuk mengetahui karakteristik sosial budaya wilayah dan sasarannya (bahasa, agama, kebiasaan, dll.)
Fungsi pendidik kesehatan
          Sebagai fasilitator: orang yang memberikan fasilitas atau kemudahan
          Sebagai mediator: orang yang menghubungkan lembaga pemerintah / lembaga penyuluhan dengan sasaran
          Sebagai dinamisator: orang yang dapat menimbulkan (menjadikan) dinamis

Unsur teknik Pendidikan
          Sasaran
          Metode
          Media
          Materi
          Waktu
          Tempat
Metode Pendidikan Kesehatan
          Metode pendidikan individual
          Metode pendidikan kelompok kecil
          Metode pendidikan kelompok besar
          Metode pendidikan massa
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
          Tidak ada satu metode pendidikan yang dianggap lebih baik dibanding metode pendidikan yang lainnya
          Pada umumnya dalam pelaksanaan pendidikan digunakan beberapa metode
          Dalam kegiatan pendidikan sebaiknya digunakan materi visual dan tertulis
(Laird dalam Ibrahim, 2003)
Prinsip Metode Pendidikan
          Pengembangan untuk berpikir kreatif
          Dilakukan di lingkungan kerja/kegiatan sasaran
          Setiap individu terikat dengan lingkungan sosialnya
          Memberikan sesuatu untuk terjadinya perubahan
          Menciptakan hubungan yang akrab dengan sasaran
Materi Pendidikan Kesehatan
Materi pendidikan
          Masalah kesehatan prioritas
        Kesehatan lingkungan
        Pencegahan penyakit
        Gizi
        Perilaku kesehatan
        Pemanfaatan pelayanan kesehatan
TEKNIK PENYAMPAIAN PESAN
Strategi Penyampaian Pesan
  • Penampilan sopan dan rapi
  • Memperkenalkan diri
  • Menyampaikan maksud dan tujuan
  • Kontrak waktu
  • Penutup (Ucapan terima kasih)
Persiapan
          Siapa ?
          Kapan ?
          Dimana?
          Bagaimana ?
          Berapa ?
Penanggulangan Rasa Takut dan Cemas
          Berlatihlah beberapa hari sebelum hari penyampaian pesan
          berlatih di depan kaca
          berlatih di depan teman-teman dan minta masukan
          merekam penyampaian pesan, mendengarkan dan mencermati kelebihan maupun kekurangannya
          Amati gejala fisik anda
          Mengingat perasaan yang menyenangkan
          Tarik napas dalam-dalam sebelum memulai
          Bila perlu minum air putih
          Yakin kalau bisa melakukan
Persiapan Materi
          Pelajari materi dan pahami  yang akan disampaikan
        Mencari dan membaca buku acuan yang digunakan
        Menyiapkan catatan kecil
        Gunakan media pendukung yang ada (lembar balik, poster dll)
Cara Memperlancar Presentasi
          Memperhatikan
        Perhatikan posisi tubuh
        Tersenyum pada individu
        Anguk-angguk mengiyakan
        Lakukan dan pertahankan kontak mata
        Bergerak terhadap Audien
        Hindari perilaku menggangu
        Ekspresi tubuh & ekspresi wajah secara natural bila berbicara

          Memperhatikan peserta
        Paham/serius (tersenyum, mengangguk-angguk, kontak mata, mengiyakan)
        Bosan (menguap, pandangan kosong, bergerak-gerak, menyandarkan diri di kursi, melihat jam)
        Bingung (mengerutkan kening, menggaruk-garuk kepala,bibir bergerak-gerak, pandangan kosong)
          Memperhatikan Bahasa Verbal
        Artikulasi : penekanan pesan
        Ritme,tempo, alunan bicara tidak terlalu cepat
        Aksen (dipengaruhi dialek)
        Volume suara
        Kata-kata tambahan
          Memperhatikan Bahasa non Verbal
        Tubuh condong ke depan
        Posisi menghadap peserta
        Pertahankan kontak mata
        Penampilan rileks
        Penggunaan gerak tubuh sesuai dengan kebutuhan
Penampilan Diri
          Memakai baju yang rapi dan sopan
          Memakai baju yang nyaman dipakai
          Ekspresi wajah menyenangkan
Strategi Menjawab Pertanyaan
          Mendengarkan secara aktif semua pertanyaan maupun pernyataan
          Mengucapkan terimakasih atas pertanyaan
          Menjawab pertanyaan dengan singkat
          Bila tidak dapat menjawab katakan sebenarnya atau menunda jawaban
Latihan pendidikan kesehatan
          Lakukanlah role play dengan gabungan simulasi
          Peserta dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu pendidik kesehatan, masyarakat, dan komentator
          pendidik kesehatan melakukan kegiatan 10 menit, 5 menit masyarakat menanyakan, dan 5 menit komentator



Tidak ada komentar:

Posting Komentar