TEKNIK
PENDIDIKAN KESEHATAN
Oleh :
Septian Julifar Syamsul Huda SKM
Pendidikan Kesehatan
•
Pendidikan Kesehatan adalah kegiatan pendidikan
non formal di bidang kesehatan agar mereka mampu menolong dirinya sendiri
sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya
•
Layak untuk dipercaya,
•
Tahu persis situasi masyarakat sehingga dapat
menunjukkan permasalahan yang dihadapi sekaligus menunjukkan alternatif
pemecahannya,
•
Selalu ada jika dibutuhkan, dalam arti pendidik
pasti punya waktu untuk sasaran
•
Pendidik tidak sering ganti
Kemampuan Komunikasi Pendidik Kesehatan
•
Kemampuan berkomunikasi
•
Sikap pendidik: menghayati profesinya, menyukai
masyarakat sasaran, yakin bahwa inovasi yang disampaikan telah teruji
•
Kemampuan pendidik tentang: isi, fungsi, manfaat
dan nilai-nilai yang terkandung dalam inovasi; segala sesuatu yang masyarakat
suka atau tidak suka
•
Kemampuan untuk mengetahui karakteristik sosial
budaya wilayah dan sasarannya (bahasa, agama, kebiasaan, dll.)
Fungsi pendidik kesehatan
•
Sebagai fasilitator: orang yang memberikan
fasilitas atau kemudahan
•
Sebagai mediator: orang yang menghubungkan
lembaga pemerintah / lembaga penyuluhan dengan sasaran
•
Sebagai dinamisator: orang yang dapat
menimbulkan (menjadikan) dinamis
Unsur teknik Pendidikan
•
Sasaran
•
Metode
•
Media
•
Materi
•
Waktu
•
Tempat
Metode Pendidikan Kesehatan
•
Metode pendidikan individual
•
Metode pendidikan kelompok kecil
•
Metode pendidikan kelompok besar
•
Metode pendidikan massa
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
•
Tidak ada satu metode pendidikan yang dianggap
lebih baik dibanding metode pendidikan yang lainnya
•
Pada umumnya dalam pelaksanaan pendidikan
digunakan beberapa metode
•
Dalam kegiatan pendidikan sebaiknya digunakan
materi visual dan tertulis
(Laird dalam Ibrahim, 2003)
Prinsip Metode Pendidikan
•
Pengembangan untuk berpikir kreatif
•
Dilakukan di lingkungan kerja/kegiatan sasaran
•
Setiap individu terikat dengan lingkungan
sosialnya
•
Memberikan sesuatu untuk terjadinya perubahan
•
Menciptakan hubungan yang akrab dengan sasaran
Materi Pendidikan Kesehatan
Materi pendidikan
•
Masalah kesehatan prioritas
–
Kesehatan lingkungan
–
Pencegahan penyakit
–
Gizi
–
Perilaku kesehatan
–
Pemanfaatan pelayanan kesehatan
TEKNIK PENYAMPAIAN PESAN
Strategi Penyampaian Pesan
- Penampilan
sopan dan rapi
- Memperkenalkan
diri
- Menyampaikan
maksud dan tujuan
- Kontrak
waktu
- Penutup
(Ucapan terima kasih)
Persiapan
•
Siapa ?
•
Kapan ?
•
Dimana?
•
Bagaimana ?
•
Berapa ?
Penanggulangan Rasa Takut dan Cemas
•
Berlatihlah beberapa hari sebelum hari
penyampaian pesan
•
berlatih di depan kaca
•
berlatih di depan teman-teman dan minta masukan
•
merekam penyampaian pesan, mendengarkan dan
mencermati kelebihan maupun kekurangannya
•
Amati gejala fisik anda
•
Mengingat perasaan yang menyenangkan
•
Tarik napas dalam-dalam sebelum memulai
•
Bila perlu minum air putih
•
Yakin kalau bisa melakukan
Persiapan Materi
•
Pelajari materi dan pahami yang akan disampaikan
–
Mencari dan membaca buku acuan yang digunakan
–
Menyiapkan catatan kecil
–
Gunakan media pendukung yang ada (lembar balik,
poster dll)
Cara Memperlancar Presentasi
•
Memperhatikan
–
Perhatikan posisi tubuh
–
Tersenyum pada individu
–
Anguk-angguk mengiyakan
–
Lakukan dan pertahankan kontak mata
–
Bergerak terhadap Audien
–
Hindari perilaku menggangu
–
Ekspresi tubuh & ekspresi wajah secara
natural bila berbicara
•
Memperhatikan peserta
–
Paham/serius (tersenyum, mengangguk-angguk,
kontak mata, mengiyakan)
–
Bosan (menguap, pandangan kosong,
bergerak-gerak, menyandarkan diri di kursi, melihat jam)
–
Bingung (mengerutkan kening, menggaruk-garuk
kepala,bibir bergerak-gerak, pandangan kosong)
•
Memperhatikan Bahasa Verbal
–
Artikulasi : penekanan pesan
–
Ritme,tempo, alunan bicara tidak terlalu cepat
–
Aksen (dipengaruhi dialek)
–
Volume suara
–
Kata-kata tambahan
•
Memperhatikan Bahasa non Verbal
–
Tubuh condong ke depan
–
Posisi menghadap peserta
–
Pertahankan kontak mata
–
Penampilan rileks
–
Penggunaan gerak tubuh sesuai dengan kebutuhan
Penampilan Diri
•
Memakai baju yang rapi dan sopan
•
Memakai baju yang nyaman dipakai
•
Ekspresi wajah menyenangkan
Strategi Menjawab Pertanyaan
•
Mendengarkan secara aktif semua pertanyaan
maupun pernyataan
•
Mengucapkan terimakasih atas pertanyaan
•
Menjawab pertanyaan dengan singkat
•
Bila tidak dapat menjawab katakan sebenarnya
atau menunda jawaban
Latihan pendidikan kesehatan
•
Lakukanlah role play dengan gabungan simulasi
•
Peserta dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu
pendidik kesehatan, masyarakat, dan komentator
•
pendidik kesehatan melakukan kegiatan 10 menit,
5 menit masyarakat menanyakan, dan 5 menit komentator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar